Utama Raya Beach Probolinggo

Posted on

Utama Raya Beach Probolinggo – Tempat wisata di wilayah Jawa Timur memang tidak ada habisnya. Wisatawan yang ingin melepas penat bisa mengunjungi beragam tempat wisata menarik di Jawa Timur mulai dari tempat wisata alam, sejarah, hingga kekinian. Untuk wisata alamnya, salah satu daerah di Jawa Timur, Probolinggo, memiliki Utama Raya Beach yang recommended dikunjungi bersama keluarga maupun pasangan.

utama raya becah probolinggo
Photo from @nana_nadian

Panorama yang disuguhkan pantai tersebut berbeda dengan pantai kebanyakan karena ditata sedemikian rupa sehingga tampak sangat rapi dan instagramable. Penataan infrastruktur di kawasan pantai sangat baik sehingga tempat wisata alam di Probolinggo tersebut memiliki daya tarik tersendiri di mata wisatawan. Meskipun masih tergolong baru, namun selalu ramai dipadati oleh pengunjung.

Daya Tarik yang Dimiliki Lokasi Utama Raya Beach Probolinggo

Jika wisatawan ingin melakukan self healing di pantai dengan konsep berbeda dari pantai lainnya, bisa mencoba untuk mengunjungi Pantai Utama Raya. Pantai tersebut ditata dengan sangat cantik sehingga menciptakan kesan rapi, elegan, dan mewah. Jika pantai lainnya hanya menyuguhkan pemandangan pantai dengan pasir putih atau hitamnya, di pantai inilah wisatawan akan menemukan hal berbeda.

instagramable utama raya beach probolinggo
Photo from @rindykuppit_

Penataan pantai tidak terkesan norak dengan banyak warna-warni, namun infrastruktur di pantai tersebut didominasi dengan warna putih dengan tambahan rumput sintetis di beberapa titik sehingga terkesan elegan. Ada banyak spot berfoto di Pantai Utama Raya sehingga tidak sedikit wisatawan yang berkunjung hanya untuk hunting foto atau melakukan sesi pemotretan dengan fotografer.

liburan di utama raya beach probolinggo
Photo from @susiekap__

Oleh karena itu, Utama Raya Beach yang terletak di kawasan Probolinggo ini menyajikan keindahan pantai dengan panorama yang berbeda. Setiap pengunjung akan dimanjakan dengan banyak spot foto menarik yang didominasi warna putih. Wisatawan bisa menyiapkan outfit terbaik untuk berfoto dengan latar belakang pantai dipadukan dengan spot-spot foto menarik yang ada disana.

Lokasi Utama Raya Beach Probolinggo

Untuk menuju ke lokasi, wisatawan bisa menggunakan transportasi kendaraan sepeda motor maupun mobil melalui akses jalan yang mudah. Perjalanan bisa dimulai dari pusat kota Probolinggo yang berjarak sekitar 53km dengan lokasi pantai. Waktu tempuh perjalanannya kurang lebih 1 jam. Wisatawan bisa melalui Jl. Raya Panglima Sudirman-Jl. Raya Pantura.

Ketika bertemu pertigaan Jl. Raya Pantura dengan patokan SPBU Utama Raya di sebelah kiri jalan, wisatawan bisa masuk kawasan pantai melalui jalan yang berada di samping SPBU. Kendaraan bisa diparkir di area parkiran yang tersedia disana. Akses lokasinya sangat mudah ditempuh dari pusat kota Probolinggo, sehingga wisatawan tidak akan kesulitan menemukan lokasinya.

Harga Tiket Masuk Lokasi Utama Raya Beach Probolinggo

Wisatawan yang ingin menikmati pemandangan pantai dari sisi berbeda, bisa mengunjungi Utama Raya Beach. Akan tetapi, wisatawan perlu menyiapkan sejumlah budget untuk tiket masuk ke lokasi dan untuk beberapa fasilitas lainnya. Tiket masuknya Rp 5.000 per orang dan free untuk anak di bawah usia 10 tahun. Toilet umum dikenakan biaya Rp 2.000 per orang dan WC VIP Rp 5.000 per orang.

Di kawasan pantai juga tersedia penginapan hotel bintang 2 bernama Cottage Utama Raya dengan biaya penginapan per malamnya mulai dari Rp 400.000. Ada juga fasilitas berbagai wahana permainan air atau water sport dengan biaya sewa mulai dari Rp 50.000. Tersedia juga café yang menyajikan berbagai varian menu makanan sekitar Rp 20.000-Rp 35.000 dan minuman mulai dari Rp 15.000.

Jam Buka

Pantai Utama Raya buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai dengan 18.00 WIB. Sementara itu, layanan hotel akan dilayani setiap hari selama 24 jam. Tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi untuk keluarga maupun rombongan karena selalu ramai dipadati oleh wisatawan baik weekday maupun weekend. Untuk wisatawan yang ingin suasana sepi, kurang cocok berwisata ke Utama Raya Beach.

Fasilitas

Pengelola kawasan pantai Utama Raya menyuguhkan beragam fasilitas memadai untuk wisatawan seperti café dan resto dengan pilihan tempat duduk indoor dan outdoor, penginapan berupa cottage atau hotel bintang 2, area parkir yang luas, berbagai spot foto yang instagramable, gazebo dan tempat duduk, masjid, hingga berbagai jenis wahana watersport atau permainan air.

Untuk wahana watersport, pengelola pantai menyediakan berbagai jenis wahana seperti speed mancing, speed boat, jet ski, snorkeling, kano, band wagon, donat boat, dan banana boat. Wisatawan bisa leluasa memilih wahana watersport yang diinginkan karena sistem harga penyewaannya dihitung berdasarkan waktu mulai dari 10 menit, 15 menit, 1jam, hingga 4 jam. Ketika berkunjung ke daerah Probolinggo, Jawa Timur, sangat disayangkan jika wisatawan tidak mengunjungi Utama Raya Beach. Lokasinya sangat strategis, tepat di belakang area SPBU. Selain itu, tempat wisata ini cocok dikunjungi untuk keluarga maupun rombongan.